Minggu, 14 Oktober 2012

proses transmisi budaya


Transmisi budaya adalah proses menyampaikan informasi dari generasi ke generasi lainnya hingga informasi tersebut tidak hilang, atau segala sesuatu yang menjadi suatu kebiasaan dan akhirnya menjadi suatu budaya.
contohnya: seorang ibu mengajarkan anaknya untuk berbicara bahasa daerahnya. Atau seorang kakek bercerita tentang silsilah leluhur keluarga mereka
Proses ini menyebabkan alkulturasi dari beberapa kebudayaan. Contohnya seorang kakek mengajarkan budaya daerah mereka pada anaknya, sang anak bersosialisasi dengan orang dari kebudayaan dan adat yang  berbeda, sang anak mengajarkan kebudayaan yang sudah beralkuturasi kepada anaknya dan begitu seterusnya.

   Akulturasi
Akulturasi adalah proses sosial dimana suatu kelompok dengan membawa kebudayaan tertentu bertemu atau dihadapkan pada suatu kelompok yang memiliki kebudayaan asing atau lain, tanpa menghilangkan kebudayaan aslinya.
    Enkulturasi
Enkulturasi adalah proses seorang individu mempelajari budaya atau kultur  dan ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui proses belajar.

Pengaruh Transmisi Budaya Terhadap Perkembangan Psikologi Individu

1.     Pengaruh sosialisasi terhadap perkembangan psikologi individu. Sosialisasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologi individu karena sosialisasi merupakan suatu proses tentang bagaimana cara individu mempelajari tentang kebiasaan-kebiasaan cara hidup. Tanpa mempelajari itu maka individu tidak akan dapat hidup normal atau anti sosial. Sehingga psikologi individu pun akan terganggu atau tidak berkembang (tidak dapat menyesuaikan diri).
2.     Pengaruh akulturasi terhadap perkembangan psikologi individu. Akulturasi mempengaruhi perkembangan psikologi individu melalui suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dihadapkan oleh kelompok manusia lainnya dengan kebudayaan asing yang dimilikinya atau dibawanya. Sehingga saling mempelajari kultur tersebut tanpa harus menghilangkan kultur aslinya.
3.     Pengaruh enkulturasi terhadap perkembangan psikologi individu. Pada dasarnya enkulturasi mempelajari budaya atau kultur dari satu generasi ke generasi lain dengan melalui suatu proses belajar. Enkulturasi sangat mempengaruhi perkembangan psikologi individu karena enkulturasi terjadi pada lingkungan yang menerapkan aturan-aturan yang ada (adat, sistem norma, dan lain-lain).


http://www.imadiklus.com/2012/04/kajian-antropologi-teknologi-pendidikan-kasus-transmisi-budaya-belajar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar